More information about GC cadets registration, please contact the secretariat of SSPD SMAN 1 Boyolangu.

Rabu, Januari 21, 2009

Sejarah PKS di Indonesia

Sejarah PKS di Indonesia

Didasari oleh rasa memiliki terhadap sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanannya, maka para pelajar mewujudkan hal tersebut kedalam suatu wadah organisasi guna mempermudah pengkoordinasiannya.

Untuk itulah maka pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuklahsuatu wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah.

Pada saat itu ruang lingkup tugas yang diemban Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut.

Untuk memperluas ruang lingkup dari tugas Polisi keamanan sekolah, maka pada tanggal 5 Juni 1975 Polisi Keamanan Sekolah diganti namanya dengan Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol. Anton Sudjarwo. Ruang lingkup dari Patroli kemanan Sekolah mengalami penyempitan dan perluasan.

Tugas dipersempit dibidang keamanan, dimana tugas yang diemban Patroli Keamanan Sekolah hanyalah sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negative yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan. lebih lanjut klik disini

2 komentar:

desta_cia mengatakan...

good dek.

ya yang seperti ini lo yang aku mau.

Z A Hartman mengatakan...

pernah dengar nama BKLL (Badan Keamanan Lalu Lintas), yang dibentuk pada tahun 1952 di Jakarta oleh bpk Elom Djayanegara dan Ibu Siti Dalima, kemudian berkembang di lima kota besar Indonesia.
Peninggalannya berupa ide konsep masih digunakan untuk pembinaan generasi muda dengan nama Patroli Keamanan Sekolah.
saya siap berbagi / bertukar wawasan dengan rekan2 anggota Patroli Keamanan Sekolah di Indonesia via email ke z.hartman@yahoo.com dan dengan senang hati saya akan balas sesuai wawasan saya.
Zxcyn Adams Hartman exs BKLL Kota Bandung & exs Patroli Keamanan Sekolah STM Negeri 1 (sekarang; SMK Negeri 2) Kota Bandung